Kamis, 28 Maret 2019

Contoh Teks Pidato Singkat Pentingnya Imunisasi

Contoh Pidato Singkat – Pidato merupakan kegiatan berbicara di depan umum atau bisa juga disebut orasi dengan tujuan menyatakan pendapat danmemberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato bisa dilakukan oleh siapa saja, namun biasanya dibawakan oleh seseorang yang cukup penting untuk memberikan orasi-orasi pada suatu acara tertentu.
Berikut ini kita akan mengulas lengkap mengenai contoh pidato singkat yang baik dan benar. Mulai dari contoh pidato perpisahan, contoh pidato bahasa indonesia, contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato pendidikan, contoh pidato tentang disiplin, contoh pidato narkoba, contoh pidato tentang kesehatan, contoh pidato lucu dan menghibur, contoh pidato agama, contoh pidato tentang kebersihan kelas, dll.


Tujuan Pidato

Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut ini :
1. Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
2. Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain.
3. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.


Jenis-Jenis / Macam-Macam / Sifat-Sifat Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
1. Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
2. Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
3. Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
4. Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
5. Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
6. Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

D. Metode Pidato

Teknik atau metode dalam membawakan suatu pidatu di depan umum :
1. Metode menghapal, yaitu membuat suatu rencana pidato lalu menghapalkannya kata per kata.
2. Metode serta merta, yakni membawakan pidato tanpa persiapan dan hanya mengandalkan pengalaman dan wawasan. Biasanya dalam keadaan darurat tak terduga banyak menggunakan tehnik serta merta.
3. Metode naskah, yaitu berpidato dengan menggunakan naskah yang telah dibuat sebelumnya dan umumnya dipakai pada pidato-pidato resmi.

E. Persiapan Pidato

Sebelum memberikan pidato di depan umum, ada baiknya untuk melakukan persiapan berikut ini :
1. Wawasan pendengar pidato secara umum
2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan
3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
4. Mengetahui jenis pidato dan tema acara.
5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato, dsb.

F. Kerangka Susunan Pidato

Skema susunan suatu pidato yang baik :
1. Pembukaan dengan salam pembuka
2. Pendahuluan yang sedikit menggambarkan isi
3. Isi atau materi pidato secara sistematis : maksud, tujuan, sasaran, rencana, langkah, dll.
4. Penutup (kesimpulan, harapan, pesan, salam penutup, dll)
 Banyak sekali Pidato Ataupun Contoh Pidato Yang Kita Jumpai sebagai Bahan Belajar Kita Berpidato dari Contoh Pidato Singkat Narkoba / Pendidikan / Perpisahan, Contoh Pidato Singkat Perpisahan / Lingkungan / Pendidikan/ Agama dan Lainnya


Contoh Pidato Singkat – Berikut ini penjelasan lengkap seputar contoh pidato singkat. Mulai dari Contoh pidato singkat tentang narkoba, contoh pidato singkat tentang pendidikan, contoh pidato singkat tentang kebersihan, contoh pidato singkat tentang kesehatan, contoh pidato singkat tentang agama, dll.

------------------------------------------------------------------------------------

-------------------------------------------------------------------------------------

Assalamualaikum Wr. Wb.
Kepada para hadirin sekalian,
Saya akan menyampaikan mengenai pentingnya imunisasi bagi bayi Anda. Imunisasi yang sah harus mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan oleh IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Saat bayi Anda lahir pertama kali, penting untuk memberikan imunisasi hepatitis B.

Bahkan sangat disarankan, pemberian imunisasi tersebut dilakukan pada 12 jam pertama setelah bayi dilahirkan. Imunisasi hepatitis B ini berguna untuk mencegah terjadinya kanker hati atau liver pada bayi. Kemudian saat bayi beranjak ke usia 1 bulan, maka bayi perlu diberikan dua macam imunisasi yaitu vaksin polio dan BCG.

Vaksin polio akan diberikan ke bayi melalui tetesan. Sedangkan BCG akan dimasukkan ke dalam tubuh bayi melalui suntikan. Vaksin BCG ini berfungsi untuk mencegah bayi terkena penyakit TBC (Tuberkulosis). Setelah bayi menginjak usia 2 bulan, maka bayi perlu diberi vaksin DPT yang berfungsi untuk mencegah terjangkitnya penyakit difteri, pertusis, dan tetanus. Harga dari setiap vaksin tersebut sudah pasti akan berbeda-beda.

Vaksin ini juga ada yang diproduksi secara lokal dan ada juga yang diimpor dari luar negeri, seperti Belgia dan Perancis. Biasanya vaksin impor akan memiliki kisaran harga sekitar 2 kali lipat dari harga vaksin lokal. Hanya saja, vaksin yang berasal dari luar negeri lebih tidak menimbulkan efek demam pada bayi dibandingkan dengan vaksin buatan lokal.

Walaupun demikian, faktanya juga hampir semua bayi yang disuntik dengan menggunakan vaksin lokal dan hidup dengan sehat sampai besar. Yang jelas, imunisasi bagi bayi itu sangat penting dan sebagai orang tua, Anda harus peduli mengenai hal itu.
Sekian pidato yang saya sampaikan. Apabila terdapat kesalahan dalam berkata, saya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Related Posts

Contoh Teks Pidato Singkat Pentingnya Imunisasi
4/ 5
Oleh