Senin, 18 Maret 2019

Contoh Pidato Singkat tentang Pentingnya Pendidikan Bahasa Indonesia




A. Definisi / Pengertian Pidato

Kumpulan Pidato - Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik.

B. Tujuan Pidato

Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut ini :
1. Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
2. Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain.
3. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.

C. Jenis-Jenis / Macam-Macam / Sifat-Sifat Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
1. Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
2. Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
3. Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
4. Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
5. Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
6. Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

D. Metode Pidato

Teknik atau metode dalam membawakan suatu pidatu di depan umum :
1. Metode menghapal, yaitu membuat suatu rencana pidato lalu menghapalkannya kata per kata.
2. Metode serta merta, yakni membawakan pidato tanpa persiapan dan hanya mengandalkan pengalaman dan wawasan. Biasanya dalam keadaan darurat tak terduga banyak menggunakan tehnik serta merta.
3. Metode naskah, yaitu berpidato dengan menggunakan naskah yang telah dibuat sebelumnya dan umumnya dipakai pada pidato-pidato resmi.

E. Persiapan Pidato

Sebelum memberikan pidato di depan umum, ada baiknya untuk melakukan persiapan berikut ini :
1. Wawasan pendengar pidato secara umum
2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan
3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
4. Mengetahui jenis pidato dan tema acara.
5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato, dsb.

F. Kerangka Susunan Pidato

Skema susunan suatu pidato yang baik :
1. Pembukaan dengan salam pembuka
2. Pendahuluan yang sedikit menggambarkan isi
3. Isi atau materi pidato secara sistematis : maksud, tujuan, sasaran, rencana, langkah, dll.
4. Penutup (kesimpulan, harapan, pesan, salam penutup, dll)
 Banyak sekali Pidato Ataupun Contoh Pidato Yang Kita Jumpai sebagai Bahan Belajar Kita Berpidato dari Contoh Pidato Singkat Narkoba / Pendidikan / Perpisahan, Contoh Pidato Singkat Perpisahan / Lingkungan / Pendidikan/ Agama dan Lainnya


Contoh Pidato Singkat – Berikut ini penjelasan lengkap seputar contoh pidato singkat. Mulai dari Contoh pidato singkat tentang narkoba, contoh pidato singkat tentang pendidikan, contoh pidato singkat tentang kebersihan, contoh pidato singkat tentang kesehatan, contoh pidato singkat tentang agama, dll.

------------------------------------------------------------------------------------

-------------------------------------------------------------------------------------




Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dengan segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya kepada kita semua, sehingga kita masih bisa menghirup udara dan berkumpul bersama dalam keadaan sehat pada kesempatan ini.
Sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah memberikan tuntunan dan bimbingan kepada kita semua. Sehingga kita berada pada jalan yang benar dan di ridhoi oleh Allah SWT.

Bapak/ Ibu dan semua hadirin yang berbahagia
Suatu bangsa akan di anggap lemah, apabila masyarakatnya sudah tidak mampu untuk menunjukkan moral dan tingkah laku yang baik. Oleh sebab itu, menjaga moralitas adalah suatu keharusan yang wajib dilakukan. Agar kita terhindar dari pengaruh-pengaruh buruk yang dapat merusak nilai moral yang kita jalani selama ini.
Pada zaman sekarang ini, kehidupan manusia sudah sangat dimanjakan dengan kemajuan teknologi. Berbagai aktivitas manusia dapat dilakukan dengan lebih mudah dan praktis karena banyaknya fasilitas yang mendukung.
Jangan sampai kita mudah terhipnotis dan menyalahgunakan kemudahan- kemudahan tersebut menjadi dampak buruk dalam kehidupan kita dan sebaliknya, kita harus memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk hal- hal yang positif.

Bapak/ ibu hadirin sekalian…
Memantau putra putri kita dari berbagai macam potensi buruk yang dapat merusak akhlak dan moral merupakan kewajiban kita sebagai orang tua. Sebagai orang tua, kita harus selalu bisa memberikan nasihat yang mendidik kepada anaknya. Hal ini sangat penting untuk dilakukan oleh semua orang tua, karena untuk membentengi anak-anak supaya tidak terjerumus ke perilaku-perilaku yang negative dan tidak kita inginkan.

Cara untuk membentengi putra putri bapak/ ibu dari hal-hal yang menyebabkan ke perilaku buruk yaitu dengan memberikan pendidikan agama sejak dini, memberikan motivasi kepada mereka agar mereka selalu bersemangat dalam belajar. Selain itu, Anda juga dapat mengajak anak-anak untuk berkunjung ke tempat-tempat yang memiliki nilai moral.
Sebenarnya bukan hanya itu saja, menyisihkan waktu untuk bisa dekat dan ngobrol banyak dengan anak-anak itu juga sangat penting dilakukan oleh orang tua. Dengan begitu anak-anak akan merasa nyaman da nada tempat untuk curhat jika mereka sedang menghadapi masalah.
Bapak/ ibu hadirin sekalian….
Arti sebuah moral memang sangatlah penting. Apabila adat sopan santun sudah hilang dalam kehidupan sehari- hari, Maka bangsa ini tidak akan mampu untuk menopang kokohnya pilar kebhinekaan.

Oleh karena itu, mari kita junjung tinggi nilai moral bangsa ini untuk menghargai etika dan perbedaan masyarakat. Untuk mewujudkan hal itu, maka kita harus mulai dari diri kita kemudian kita ajarkan ke anak-anak kita, supaya bangsa ini terhindar dari hal-hal negatif yang tidak kita inginkan.
Akhir kata, saya ucapkan banyak terima kasih. Apabila ada salah kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Related Posts

Contoh Pidato Singkat tentang Pentingnya Pendidikan Bahasa Indonesia
4/ 5
Oleh