Kamis, 21 Maret 2019

Contoh Pidato Perpisahan dari Wali Murid

A. Definisi / Pengertian Pidato

Kumpulan Pidato - Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik.

B. Tujuan Pidato

Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut ini :
1. Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
2. Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain.
3. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.

C. Jenis-Jenis / Macam-Macam / Sifat-Sifat Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
1. Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
2. Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
3. Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
4. Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
5. Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
6. Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

D. Metode Pidato

Teknik atau metode dalam membawakan suatu pidatu di depan umum :
1. Metode menghapal, yaitu membuat suatu rencana pidato lalu menghapalkannya kata per kata.
2. Metode serta merta, yakni membawakan pidato tanpa persiapan dan hanya mengandalkan pengalaman dan wawasan. Biasanya dalam keadaan darurat tak terduga banyak menggunakan tehnik serta merta.
3. Metode naskah, yaitu berpidato dengan menggunakan naskah yang telah dibuat sebelumnya dan umumnya dipakai pada pidato-pidato resmi.

E. Persiapan Pidato

Sebelum memberikan pidato di depan umum, ada baiknya untuk melakukan persiapan berikut ini :
1. Wawasan pendengar pidato secara umum
2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan
3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
4. Mengetahui jenis pidato dan tema acara.
5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato, dsb.

F. Kerangka Susunan Pidato

Skema susunan suatu pidato yang baik :
1. Pembukaan dengan salam pembuka
2. Pendahuluan yang sedikit menggambarkan isi
3. Isi atau materi pidato secara sistematis : maksud, tujuan, sasaran, rencana, langkah, dll.
4. Penutup (kesimpulan, harapan, pesan, salam penutup, dll)
 Banyak sekali Pidato Ataupun Contoh Pidato Yang Kita Jumpai sebagai Bahan Belajar Kita Berpidato dari Contoh Pidato Singkat Narkoba / Pendidikan / Perpisahan, Contoh Pidato Singkat Perpisahan / Lingkungan / Pendidikan/ Agama dan Lainnya

------------------------------------------------------------------------------------

-------------------------------------------------------------------------------------




Assalamualaikum Wr. Wb. Pertama-tama, saya panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini dengan kondisi bagaimanapun. Kita juga dapat menyaksikan putra dan putri kita berwisuda hari ini.
Tentu saja hari ini adalha hari yang sangat mengharukan dan paling kita tunggu-tunggu. Kemudian, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah dan juga pembawa acara yang telah memberikan kesempatan untuk dapat mengucapkan beberapa kata sambutan.
Saya merupakan perwakilan dari salah satu dari siswa SD Muhammadiyah Sapen ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sangat besar atas bimbingannya terhadap anak saya dan juga anak-anak lainnya. Terima kasih atas ilmu yang telah diberikan.
Kami yakin segala ilmu yang sudah diberikan selama ini akan bermanfaat di masa depan. Terutama bagi siswa-siswa itu sendiri demi menyiapkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Hal ini tentu saja tidaklah mudah dalam membimbing siswa-siswa, karena dibutuhkan ketelatenan dan juga kesabaran dalam jumlah yang banyak.
Kami juga berharap agar ketelatenan dan kesabaran dari para guru sekalian dapat dicontoh oleh para siswa-siswa sekalian. Kami berharap agar suatu hari nanti putra dan putri kami dapat meraih apa yang dicita-citakan.
Selain itu, kami juga menyadari bahwa pasti ada banyak sekali kenakalan atau kebandelan putra putri kami yang seringkali membuat para bapak dan ibu guru kesal. Misalkan saja seperti sering mengobrol pada saat pelajaran sedang berlangsung. Bisa juga, karena ada putra putri kami yang senang berlarian di lorong sekolahan sambil berteriak.
Semata-mata itu semua, karena putra dan putri kami masih anak kecil. Kami memohon maaf atas kejadian tersebut. Yang jelas, ingatkan saja putra putri kami mengenai tindakan bagaimana yang baik dan benar dengan lembut.
Yang jelas kami tidak akan bisa membalas semua kebaikan dan jasa dari para guru sekalian. Berkat jasa kalian, seluruh siswa-siswa dapat memahami cara membaca, menulis, dan juga berhitung. Selain itu, masih banyak sekali hal-hal yang telah diajarkan kepada siswa siswa di sini, yang tentunya tidak dapat kmai sebutkan secara satu-persatu.
Sekian pidato yang saya sampaikan. Saya hanya manusia biasa yang tidak luput dari dosa. Jadi apabila terdapat kesalahan dalam perkataan saya, melalui pidato ini juga saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jangan sampai dimasukkan ke dalam hati. Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum Wr.Wb.


Yang Kamu Cari:

Related Posts

Contoh Pidato Perpisahan dari Wali Murid
4/ 5
Oleh