Minggu, 17 Maret 2019

Amanat Pembina Upacara SD Tentang Sopan Santun

A. Definisi / Pengertian Pidato

Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik.

B. Tujuan Pidato

Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut ini :
1. Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
2. Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain.
3. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.

C. Jenis-Jenis / Macam-Macam / Sifat-Sifat Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
1. Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
2. Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
3. Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
4. Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
5. Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
6. Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

D. Metode Pidato

Teknik atau metode dalam membawakan suatu pidatu di depan umum :
1. Metode menghapal, yaitu membuat suatu rencana pidato lalu menghapalkannya kata per kata.
2. Metode serta merta, yakni membawakan pidato tanpa persiapan dan hanya mengandalkan pengalaman dan wawasan. Biasanya dalam keadaan darurat tak terduga banyak menggunakan tehnik serta merta.
3. Metode naskah, yaitu berpidato dengan menggunakan naskah yang telah dibuat sebelumnya dan umumnya dipakai pada pidato-pidato resmi.

E. Persiapan Pidato

Sebelum memberikan pidato di depan umum, ada baiknya untuk melakukan persiapan berikut ini :
1. Wawasan pendengar pidato secara umum
2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan
3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
4. Mengetahui jenis pidato dan tema acara.
5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato, dsb.

F. Kerangka Susunan Pidato

Skema susunan suatu pidato yang baik :
1. Pembukaan dengan salam pembuka
2. Pendahuluan yang sedikit menggambarkan isi
3. Isi atau materi pidato secara sistematis : maksud, tujuan, sasaran, rencana, langkah, dll.
4. Penutup (kesimpulan, harapan, pesan, salam penutup, dll)
 
 
 Banyak sekali Pidato Ataupun Contoh Pidato Yang Kita Jumpai sebagai Bahan Belajar Kita Berpidato dari Contoh Pidato Singkat Narkoba / Pendidikan / Perpisahan, Contoh Pidato Singkat Perpisahan / Lingkungan / Pendidikan/ Agama dan Lainnya
 

------------------------------------------------------------------------------------

-------------------------------------------------------------------------------------



 
 Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah.
Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu.
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Kepala Sekolah beserta staf..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….


Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puji, syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang cerah ini kita masih dapat melaksanakan kegiatan upacara bendera pada pagi hari ini dengan hikmat.
Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan semoga kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.
Anak-anakku, siswa-siswi SD ( nama sd) yang saya cintai dan saya banggakan.

Alhamdulillah bapak di amanahi pembina upacara hari ini, bapak disini akan menyampaikan amanat pembina upacara yang bertema Sopan Santun, Sopan santun adalah sikap yang harus ditanamkan sejak masih kecil karena sopan santun termasuk akhlak terpuji.

Seseorang dapat di ketahui bahwa ia berpendidikan atau tidak dengan cara melihat sopan santun yang dimilikinya jika ia memiliki sopan santun maka ia dapat di pastikan sebagai orang yang berpendidikan.
Sudah sepantasnya seseorang memiliki sikap sopan dan santun dari banyaknya manfaat yang kita rasakan dengan adanya sifat sopan santu. Contohnya : kita akan disukai banyak orang, di hormati orang, di segani orang, dan masih banyak yang lainnya.
Anak-anakku sekalian, siapakah orang yang kita perlakukan dengan sopan santun?? Yah benar. kita menerapkan sifat sopan santun kepada orang-orang disekeliling kita, terutama kepa kedua orang tua kita, Guru-guru kita, tetangga-tetangga kita serta teman-teman kita.
Bagaimanakah caranya agar kita bisa meneapkan sikap sopan santun didalam kehidupan kita??

Curanya cukup mudah, anak-anak, misalnya kita berbicara dengan menggunakan bahasa yang sopan (kromo inggil, bahasa indonesia yang baik, bahasa yang halus) terhadap orang yang lebih tua, sedangkan untuk teman-teman seumuran kita, kita bisa menggunakan bahasa yang baik tidak berbicara buruk/kasar.


.


Anak-anakku sekalian, coba kalian praktekkan sikap sopan santun mulai sekarang, misalnya berbicara menggunakan bahasa indonesia yang baik / bahasa yang halus (lemah lembut) serta memperhatikan lawan bicara yang kamu ajak berbicara. Kemungkinan besar besar mereka akan membalasnya dengan bahasa yang baik juga.
Sopan santun juga bisa kita praktekkan dalam hal lain, misalnya kita praktrkan dengan cara berperilaku atau bertindak seperti orang yang rendah hati. Misalnya: ketika kamu berjalan melewati sekumpulan orang, kamu bisa mengucapkan permisi sambil memberikan senyuman.
Semua contoh yang bapak tadi lakukan merupakan sebagian kecil pengaplikasian perilaku sopan santun yang bisa kita terapkan pada kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat. namun masih banyak sikap sopan-santun lainnya yang belum bapak disebutkan.
kita sebagai manusia, pasti ingin mendapatkan perlakuan yang sopan dari orang lain di sekitar kita. Oleh sebab itu, jika kita ingin diperlakukan sopan oleh orang lain, maka kita seharusnya mesti memperlakukan orang lain dengan sopan terlebih dahulu. Supaha nantinya akan tercipta suatu hubungan yang baik atas dasar saling menghargai satu sama lainnya.
manya itu amanat yang dapat bapak sampaikan pada upacara hari ini. Semoga kamu bisa memaknai apa yang bapak sampaikan, sehingga kamu di masa depan menjadi orang-orang yang baik dan menjunjung tinggi nilai kesopanan baik terhadap orangtua maupun terhadap orang lain secara umum.
Terima kasih sudah memperhatikan.

wabillahitaufik wal hidayah


Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarokaatuh…



Yang Kamu Cari:

Related Posts

Amanat Pembina Upacara SD Tentang Sopan Santun
4/ 5
Oleh