Sabtu, 02 Februari 2019

Pidato Bahasa Sunda Singkat Tentang Agama (Ikhlas Beribadah)

Naskah Pidato ~ Berpidato, bagi sobat sekalian yang masih duduk di bangku sekolahan, pastinya tahu benar istilah itu. Sobat juga pastinya tau benar rasanya ketika guru di sekolah kita membicarakan tentang pidato pasti ujung-ujungnya menugaskan kita untuk membuat pidato sekaligus perform di depan kelas. Haduhhh, mengingatkan kembali waktu saya SMP dulu. Rasa tegang, gugup, dag-dig-dug campur aduk saat mendengar akan tugas berpidato. Tapi sebenarnya apa sih berpidato itu???

Kita semua pasti tahu apa itu Berpidato, tapi apa sih sebenarnya berpidato itu? Pidato adalah kegiatan menyampaikan secara lisan dengan menggunakan penalaran yang tepat serta memanfaatkan aspek-aspek non kebahasaan (ekspresi, gesture, kontak pandang, dll.) yang mendukung mendukung efisiensi dan efektivitas pengungkapan gagasan kepada orang banyak pada suatu acara tertentu. Yup, kurang lebih penjelasan Pidato seperti itu.

Jadi pidato sebenarnya merupakan salah satu media komunikasi sobat, yang digunakan untuk menyampaikan gagasan secara lisan. Tapi yang membedakannya dengan komunikasi lisan biasa, Pidato menggunakan ekspresi, gerakan, kontak pandang, dll yang pokoknya mendukung efektivitas pengungkapan gagasan tersebut, sobat. Satu lagi, Pidato biasanya disampaikan di depan orang banyak dalam suatu acara tertentu, misalkan hari besar nasional, perpisahan sekolah, dan masih banyak lagi deh.

Terus, pidato yang baik itu seperti apa sih? Nah untuk kriteria pidato yang biak itu sendiri, sobat bisa baca kriteria-kriteria tersebut di bawah ini:

  1. Isinya sesuai dengan kegiatan yang berlangsung.
  2. Isinya menggugah dan bermanfaat bagi pendengar.
  3. Isinya tidak menimbulkan SARA.
  4. Isinya jelas.
  5. Isinya benar dan objektif.
  6. Bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh pendengarnya.
  7. Disampaikan secara santun, rendah hati dah bersahabat.

Nah, bagi sobat yang sedang mencari contoh Naskah Pidato, Kumpulanpidato.web.id pada kesempatan kali ini akan menampilkan beberapa Kumpulan Naskah Pidato Singkat. Dan untuk menambah koleksi contoh naskah pidato, berikut kami tambahkan tiga naskah pidato baru.
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato. di blog ini saya akan menyajikan Koleksi Pidato terlengkap berbagai tema dari tema dari contoh pidato tentang lingkungan, perpisahan,contoh pidato persuasif, contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas, contoh pidato tentang disiplin contoh pidato agama, contoh pidato narkoba, contoh pidato pendidikan moral, pidato Amanat Pembina Upacara, contoh pidato perpisahan ,contoh pidato persuasif singkat contoh pidato agama ,contoh pidato singkat tentang narkoba ,contoh pidato bahasa inggris ,contoh pidato kemerdekaan ,contoh pidato bahasa indonesia ,contoh pidato singkat ,contoh pidato agama islam , contoh pidato anak sekolah ,contoh pidato anak sd , contoh pidato asian games , contoh pidato anak sholeh singkat ,contoh pidato acara ulang tahun ,contoh pidato atau ceramah ,contoh pidato bahasa sunda ,contoh pidato bahasa jawa ,contoh pidato bahasa inggris singkat ,contoh pidato calon ketua osis ,contoh pidato cinta tanah air ,contoh pidato di sekolah ,contoh pidato dalam bahasa mandarin ,contoh pidato eksposisi ,contoh pidato ekonomi , contoh pidato etika ,contoh pidato formal ,contoh pidato globalisasi ,contoh pidato guru ,contoh pidato hari kemerdekaan ,contoh pidato hari pahlawan ,contoh pidato hari ibu ,contoh pidato informatif ,contoh pidato impromtu .Teks Pidato
CONTOH PIDATONYA
 
 
 
Asalamualaikum Wr. Wb Selamat pagi salam sejahtera.
Bapak sareng Ibu Guru oge hadirin sadayana nu ku simkuring dipihormat.
Shalawat sareng salam urang haturkeun ka Junjungan urang Kanjeng Nabi Muhammad SAW, kulantaran Anjeuna pisan urang sadayana janten tiasa ngabedakeun perkara mana anu haq jeung nu bathil.
Hadirin sadayana nu di Mulya keun ku Allah
Unggal jalmi tos tangtu ngaharepkeun kabagjaan Dunya rawuh Akherat. Kabagjaan eta teu tiasa dilakonan kucara sakadaek, hura-hura, sareng sadaya hal nu ngalanggar syariat agama Islam. Tapi kedah dilakonan kucara ibadah nu tos ditangtoskeun ku Alloh SWT, saperti nu ditulis  dina  Al-qur'an sareng Hadits .

Ngalakukeun ibadah mun di mimitian ku hate nu Ikhlas, hartina ngalakukeun kaalusan teh teu hayang di tempo, komo deui dipuji ku batur mah. Urang kudu ngajauhkeun diri tina kalakuan Riya, sabab hal eta nu  bisa ngancurkeun amalan hade , akhirna urang ibadah teh ngan sakadar meunang cape .
Kanjeung Nabi SAW nerangkeun , Ciri-ciri jalmi nu Riya, nyaeta:
1. Sanajan sifat aslina males, bakal rajin lamun dihareupeun batur.
2. Ibadahna getol karna hayang dipuji ku batur, mun di tegor langsung pundung
Mudah-mudahan urang sadayana ditebihkeun dina sifat Riya tadi,, Amiiin ya Robbal Alamiin..
Mung sakitu pihatur ti simkuring, mugi-mugi sing aya mangpaatna kanggo urang sadayana. Hapunten pami masih seueur keneh pisan kakiranganana.
Akhiirul Kalaam, Wabillaahi taufiiq Wal hidaayah
Wassalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.
 
 

Related Posts

Pidato Bahasa Sunda Singkat Tentang Agama (Ikhlas Beribadah)
4/ 5
Oleh