Senin, 11 Februari 2019

Download Pidato Memperingati Hari Buruh Sedunia Terbaru

Naskah Pidato ~ Berpidato, bagi sobat sekalian yang masih duduk di bangku sekolahan, pastinya tahu benar istilah itu. Sobat juga pastinya tau benar rasanya ketika guru di sekolah kita membicarakan tentang pidato pasti ujung-ujungnya menugaskan kita untuk membuat pidato sekaligus perform di depan kelas. Haduhhh, mengingatkan kembali waktu saya SMP dulu. Rasa tegang, gugup, dag-dig-dug campur aduk saat mendengar akan tugas berpidato. Tapi sebenarnya apa sih berpidato itu???

Kita semua pasti tahu apa itu Berpidato, tapi apa sih sebenarnya berpidato itu? Pidato adalah kegiatan menyampaikan secara lisan dengan menggunakan penalaran yang tepat serta memanfaatkan aspek-aspek non kebahasaan (ekspresi, gesture, kontak pandang, dll.) yang mendukung mendukung efisiensi dan efektivitas pengungkapan gagasan kepada orang banyak pada suatu acara tertentu. Yup, kurang lebih penjelasan Pidato seperti itu.

Jadi pidato sebenarnya merupakan salah satu media komunikasi sobat, yang digunakan untuk menyampaikan gagasan secara lisan. Tapi yang membedakannya dengan komunikasi lisan biasa, Pidato menggunakan ekspresi, gerakan, kontak pandang, dll yang pokoknya mendukung efektivitas pengungkapan gagasan tersebut, sobat. Satu lagi, Pidato biasanya disampaikan di depan orang banyak dalam suatu acara tertentu, misalkan hari besar nasional, perpisahan sekolah, dan masih banyak lagi deh.

Terus, pidato yang baik itu seperti apa sih? Nah untuk kriteria pidato yang biak itu sendiri, sobat bisa baca kriteria-kriteria tersebut di bawah ini:
  1. Isinya sesuai dengan kegiatan yang berlangsung.
  2. Isinya menggugah dan bermanfaat bagi pendengar.
  3. Isinya tidak menimbulkan SARA.
  4. Isinya jelas.
  5. Isinya benar dan objektif.
  6. Bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh pendengarnya.
  7. Disampaikan secara santun, rendah hati dah bersahabat.


Nah, bagi sobat yang sedang mencari contoh Naskah Pidato, Kumpulanpidato.web.id pada kesempatan kali ini akan menampilkan beberapa Kumpulan Naskah Pidato Singkat. Dan untuk menambah koleksi contoh naskah pidato, berikut kami tambahkan tiga naskah pidato baru.
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato. di blog ini saya akan menyajikan Koleksi Pidato terlengkap berbagai tema dari tema dari contoh pidato tentang lingkungan, perpisahan,contoh pidato persuasif, contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas, contoh pidato tentang disiplin contoh pidato agama, contoh pidato narkoba, contoh pidato pendidikan moral, pidato Amanat Pembina Upacara, contoh pidato perpisahan ,contoh pidato persuasif singkat contoh pidato agama ,contoh pidato singkat tentang narkoba ,contoh pidato bahasa inggris ,contoh pidato kemerdekaan ,contoh pidato bahasa indonesia ,contoh pidato singkat ,contoh pidato agama islam , contoh pidato anak sekolah ,contoh pidato anak sd , contoh pidato asian games , contoh pidato anak sholeh singkat ,contoh pidato acara ulang tahun ,contoh pidato atau ceramah ,contoh pidato bahasa sunda ,contoh pidato bahasa jawa ,contoh pidato bahasa inggris singkat ,contoh pidato calon ketua osis ,contoh pidato cinta tanah air ,contoh pidato di sekolah ,contoh pidato dalam bahasa mandarin ,contoh pidato eksposisi ,contoh pidato ekonomi , contoh pidato etika ,contoh pidato formal ,contoh pidato globalisasi ,contoh pidato guru ,contoh pidato hari kemerdekaan ,contoh pidato hari pahlawan ,contoh pidato hari ibu ,contoh pidato informatif ,contoh pidato impromtu .Teks Pidato.


Baca Juga:

Contoh Teks Pidato Bahasa Jawa Krama Singkat dan Padat Tentang Kebersihan Lingkungan







CONTOH PIDATONYA





 


Assalamualaikum wr.wb.
Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua. Semoga hari ini adalah awal baik untuk masa depan yang lebih baik.
Kepada Ibu guru Bahasa Indonesia yang saya hormati, serta teman-temanku yang saya banggakan dan saya cintai. Marilah kita bersyukur atas apa yang kita nikmati hari ini dan atas apa yang kita telah capai sampai saat ini.
Pada pidato kali ini saya ingin menyampaikan tema tentang hari Buruh. Seperti yang kita ketahui bahwa di dunia ini beragam profesi dan pekerjaan yang bisa kita ambil. Diantara semuanya tidak ada yang enak, ada yang mendapatkan gaji besar tapi tanggung jawab juga tinggi. Begitu pula sebaliknya. Setiap orang memiliki nasib yang berbeda-beda atas kehidupan pribadinya, termasuk dalam hal pekerjaan. 

Salah satu pekerjaan yang cukup perlu diperhatikan adalah profesi buruh. Buruh menurut saya adalah profesi yang mulia dan melelahkan. Mulia karena menjadi pekerja teknis dan menjadi poros pergerakan perusahaan. Melelahkan karena kebanyakan menggunakan tenaga dan menggunakan energi fisik sehingga mereka akan kelelahan dari segi fisik.
Kesejahteraan buruh juga sangat diperhatikan oleh pemerintah, salah satunya dengan adanya serikat buruh yang memberikan jaminan atas hak-hak buruh dapat dipenuhi. Dengan adanya serikat buruh mereka akan merasa terlindungi dan mendapatkan kenyamanan dalam bekerja dan menjalani hidup.
Teman-temanku yang saya cintai, 

Beberapa saat lagi pada tanggal 1 Mei adalah perayaan hari buruh yang perlu kita peringati Hari buruh pertama kali dilakukan pada tanggal 1 Mei 1918 di Surabaya. Hari buruh atau dikenal dengan nama mayday bahkan dirayakan sedunia. Pada tahun 1918 barulah masuk ke Indonesia.
Sejak dahulu hari buruh memang didominasi dengan demonstrasi berupa mogok besar-besaran atau dengan penuntutan kesejahteraan buruh. Seringkali mereka menuntut untuk dinaikan gajinya atau tunjangan dan lain sebagainya. 

Walaupun demikian para profesi buruh ini sangat penting bagi kelangsungan perusahaan. Terutama perusahaan yang bergerak di bidang produksi seperti pabrik atau semacamnya. Para buruh pabrik biasanya jumlahnya yang sangat banyak. Tapi sayangnya sebagian dari mereka yang sudah menjadi buruh, dalam hidupnya terus berprofesi menjadi buruh. Pemikiran mereka yang terbatas serta tingkat pendidikan yang apa adanya membuat buruh terus berada dalam kekurangan.

Teman-temanku yang saya sayangi,
Saya kira pemerintah di sini memiliki andil yang cukup besar untuk memperbaiki kondisi buruh yang kurang baik. Pada momentum hari buruh Internasional ini seharusnya dijadikan momentum untuk memperbaiki diri dan membenahi birokrasi yang berhubungan dengan kesejahteraan buruh. Pemerintah dalam hal ini bisa meningkatkan kondisi buruh dengan cara menaikan UMR atau dengan mewajibkan pengusaha untuk memberikan tunjangan kepada buruh.
Sementara di sisi lain, para pengusaha untuk menggenjot produksi dan meminimalisir adanya PHK juga harus menyisipkan ketrampilan lain atau membantu mereka belajar agar terus berkembang dan tidak selamanya menjadi buruh.

Semoga kehidupan buruh semakin lebih baik. Demikian pidato yang bisa saya sampaikan, semoga bisa menjadi pencerahan bagi kita semua.
Jika ada hal yang kurang berkenan mohon dimaafkan.
Wassalamualaikum wr.wb.


Related Posts

Download Pidato Memperingati Hari Buruh Sedunia Terbaru
4/ 5
Oleh