Selasa, 12 Februari 2019

Contoh Pidato Tentang Kemandirian Terbaru

Naskah Pidato ~ Berpidato, bagi sobat sekalian yang masih duduk di bangku sekolahan, pastinya tahu benar istilah itu. Sobat juga pastinya tau benar rasanya ketika guru di sekolah kita membicarakan tentang pidato pasti ujung-ujungnya menugaskan kita untuk membuat pidato sekaligus perform di depan kelas. Haduhhh, mengingatkan kembali waktu saya SMP dulu. Rasa tegang, gugup, dag-dig-dug campur aduk saat mendengar akan tugas berpidato. Tapi sebenarnya apa sih berpidato itu???

Kita semua pasti tahu apa itu Berpidato, tapi apa sih sebenarnya berpidato itu? Pidato adalah kegiatan menyampaikan secara lisan dengan menggunakan penalaran yang tepat serta memanfaatkan aspek-aspek non kebahasaan (ekspresi, gesture, kontak pandang, dll.) yang mendukung mendukung efisiensi dan efektivitas pengungkapan gagasan kepada orang banyak pada suatu acara tertentu. Yup, kurang lebih penjelasan Pidato seperti itu.

Jadi pidato sebenarnya merupakan salah satu media komunikasi sobat, yang digunakan untuk menyampaikan gagasan secara lisan. Tapi yang membedakannya dengan komunikasi lisan biasa, Pidato menggunakan ekspresi, gerakan, kontak pandang, dll yang pokoknya mendukung efektivitas pengungkapan gagasan tersebut, sobat. Satu lagi, Pidato biasanya disampaikan di depan orang banyak dalam suatu acara tertentu, misalkan hari besar nasional, perpisahan sekolah, dan masih banyak lagi deh.

Terus, pidato yang baik itu seperti apa sih? Nah untuk kriteria pidato yang biak itu sendiri, sobat bisa baca kriteria-kriteria tersebut di bawah ini:
  1. Isinya sesuai dengan kegiatan yang berlangsung.
  2. Isinya menggugah dan bermanfaat bagi pendengar.
  3. Isinya tidak menimbulkan SARA.
  4. Isinya jelas.
  5. Isinya benar dan objektif.
  6. Bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh pendengarnya.
  7. Disampaikan secara santun, rendah hati dah bersahabat.


Nah, bagi sobat yang sedang mencari contoh Naskah Pidato, Kumpulanpidato.web.id pada kesempatan kali ini akan menampilkan beberapa Kumpulan Naskah Pidato Singkat. Dan untuk menambah koleksi contoh naskah pidato, berikut kami tambahkan tiga naskah pidato baru.
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato. di blog ini saya akan menyajikan Koleksi Pidato terlengkap berbagai tema dari tema dari contoh pidato tentang lingkungan, perpisahan,contoh pidato persuasif, contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas, contoh pidato tentang disiplin contoh pidato agama, contoh pidato narkoba, contoh pidato pendidikan moral, pidato Amanat Pembina Upacara, contoh pidato perpisahan ,contoh pidato persuasif singkat contoh pidato agama ,contoh pidato singkat tentang narkoba ,contoh pidato bahasa inggris ,contoh pidato kemerdekaan ,contoh pidato bahasa indonesia ,contoh pidato singkat ,contoh pidato agama islam , contoh pidato anak sekolah ,contoh pidato anak sd , contoh pidato asian games , contoh pidato anak sholeh singkat ,contoh pidato acara ulang tahun ,contoh pidato atau ceramah ,contoh pidato bahasa sunda ,contoh pidato bahasa jawa ,contoh pidato bahasa inggris singkat ,contoh pidato calon ketua osis ,contoh pidato cinta tanah air ,contoh pidato di sekolah ,contoh pidato dalam bahasa mandarin ,contoh pidato eksposisi ,contoh pidato ekonomi , contoh pidato etika ,contoh pidato formal ,contoh pidato globalisasi ,contoh pidato guru ,contoh pidato hari kemerdekaan ,contoh pidato hari pahlawan ,contoh pidato hari ibu ,contoh pidato informatif ,contoh pidato impromtu .Teks Pidato.


Baca Juga:

Contoh Teks Pidato Bahasa Jawa Krama Singkat dan Padat Tentang Perpisahan Kelas 9







CONTOH PIDATONYA





 


Pembukaan Pidato Kemandirian :

Assalamualaikum Wr. Wb
Yang kami hormati, Bapak kepala sekolah beserta jajaran staf pengajar dan juga rekan-rekan yang saya cintai.
Pertama-tama kami sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas curahan nikmat-Nya yang diberikan kepada kita sehingga dapat berkumpul pada kesempatan yang baik ini.

Isi Pidato Kemandirian :

Rekan-rekan yang saya cintai.
Kita tahu bahwa masa muda adalah masa yang sangat labil. Mudah dipengaruhi oleh banyak faktor, baik positif maupun negatif. Biasanya faktor negatiflah yang lebih cepat diserap oleh kawan-kawan kita. Ini tentu berakibat buruk terhadap kehidupan di masa yang akan datang.
Bisa kita lihat diberbagai media, baik media cetak maupun elektronik, juga dalam kehidupan sehari-hari ini. Tingkah laku mereka sangat tidak terpuji. Ini tentu sangat disayangkan oleh kita yang merasa satu generasi. Mereka ada yang hamil di luar nikah, ada yang ikut geng motor, ada yang bolos sekolah, ada yang jadi pecandu narkoba, dan lain sebagainya.


Rekan-rekan yang saya banggakan.
Kita sebagai generasi muda yang masih diberi kesadaran diharapkan dapat selalu saling mengingatkan akan bahaya-bahaya pergaulan bebas dan pergaulan negatif diatas. Jangan sampai kita jadi korban dan tidak merasa bahwa kita jadi korban.
Sudah bukan saatnya lagi kita mudah tergoda dan terbujuk, bukan saatnya lagi kita tidak punya pendirian. Kita harus menyadari hidup yang sekali ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknnya. Jangan sampai kita menyia-nyiakan masa muda ini yang kemudian menyesal di masa tua.
Kita harus punya prinsip dalam hidup, kita harus mandiri dan mampu membawa diri sehingga kita tidak menjadi korban zaman. Justru kita harus menjadi generasi yang mampu membawa perubahan ke arah yang baik bagi masyarakat.

Ada empat langkah sederhana yang dapat kita lakukan mulai dari sekarang.
Pertama, sekuat tenaga kita rajin belajar dan tunjukan kepada orang tua bahwa kita pun mampu meraih nilai yang baik di sekolah.

Kedua, dengan sekuat tenaga kita berusaha tidak terpengaruh teman-teman yang suka membolos. suatu saat mereka akan merasakan sendiri akibatnya.

Ketiga, berapapun kita dikasih ongkos atau uang saku, kita harus bisa mengatur sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab.

Ke-empat, mencari teman gaul dan tempat gaul yang positif, baik di sekolah maupun dirumah. karena pergaulan kita perlahan akan membentuk karakter kita.

Sebagai pelajar, barang kali ke-empat langkah sederhana ini bisa kita praktikan mulai saat ini. kita menentukan nasib kita sendiri di masa depan.

Penutup Pidato Kemandirian :

Demikianlah yang bisa saya sampaikan. kurang lebihnya mohon maaf jika ada salah kata.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Sahabat baru saja membaca tentang contoh teks pidato tentang kemandirian. semoga dengan adanya contoh teks atau naskah pidato diatas sahabat jadi lebih termotivasi dan lebih mandiri dalam menjalani hidup. Jangan lupa baca juga tentang teks pidato lainnya.

Related Posts

Contoh Pidato Tentang Kemandirian Terbaru
4/ 5
Oleh