Jumat, 05 April 2019

Contoh Pidato Tentang Hari Kartini

Contoh Pidato Singkat – Pidato merupakan kegiatan berbicara di depan umum atau bisa juga disebut orasi dengan tujuan menyatakan pendapat danmemberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato bisa dilakukan oleh siapa saja, namun biasanya dibawakan oleh seseorang yang cukup penting untuk memberikan orasi-orasi pada suatu acara tertentu.
Berikut ini kita akan mengulas lengkap mengenai contoh pidato singkat yang baik dan benar. Mulai dari contoh pidato perpisahan, contoh pidato bahasa indonesia, contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato pendidikan, contoh pidato tentang disiplin, contoh pidato narkoba, contoh pidato tentang kesehatan, contoh pidato lucu dan menghibur, contoh pidato agama, contoh pidato tentang kebersihan kelas, dll.

Anda bisa menyiapkan sebuah teks kecil jika tidak sanggup menghapal pidato singkat atau belum terbiasa untuk melakukan pidato secara natural. Berikut ada beberapa contoh pidato singkat tentang berbagai bidang yang dapat Anda jadikan sebagai suatu referensi.

Contoh Pidato Singkat – Berikut ini penjelasan lengkap seputar contoh pidato singkat. Mulai dari Contoh pidato singkat tentang narkoba, contoh pidato singkat tentang pendidikan, contoh pidato singkat tentang kebersihan, contoh pidato singkat tentang kesehatan, contoh pidato singkat tentang agama, dll.


     
pembahasan singkat tentang contoh pidato singkat yang lucu dan menghibur. Mulai dari contoh pidato kemerdekaan, contoh pidato perpisahan kelas 6, contoh pidato perpisahan kelas 9, contoh pidato perpisahan kelas 12, contoh pidato ulang tahun, contoh pidato resmi, contoh pidato cinta tanah air, contoh pidato upacara bendera, contoh pidato hari ibu, contoh pidato islami yang menarik, contoh pidato reuni yang bagus, mudah dihafal, berkesan, menarik, dll.



------------------------------------------------------------------------------------

-------------------------------------------------------------------------------------



Assalumualaikum Wr. Wb Alhamdullahi robbil ngalamin wassolatu wassalamu ngala asrofil ambiyaai wal mursalin,
Wangala alihi wasohbihi ajmangin amma bakdu.
Ibu Guru yang saya hormati
Dan Teman-teman yang saya cintai

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa,yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga siang yang cerah ini kita dapat berkumpul ditempat ini dalam keadaan sehat walafiat.
Kedua kalinya shol;awat serta salam kita aturkan pada junjungan kita Nabi Besar,Nabi Akhir Zaman Nabi Muhammad SAW.Yang telah membawa kita dari alam jahiliyah menuju alam islamiyah seperti sekarang ini. 

Terima kasih saya sampaikan kepada saudara pembawa acara yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk
Mungkin teman-teman bertanya, Siapa Kartini?Mungkin teman-teman juga bertanya,Apa jasa Kartini sehingga setiap tahuin diperingati?

Dari buku sejarah dapat kita ketahui bahwa Kartini adlah putri bupati Jepara,Jawa Tengah. Waktu itu, negara kita masih dijajah belanda. Sekolah belum banyak. Hanya sedikit anak-anak yang bisa bersekolah. Lebih-lebih anak-anak perempuan. Waktu itu dalam masyarakat masih berlaku adat pingit. Yakni,anak perempuan yang memesuki umur belasan tahun sudah harus dipingit.Artinya,tidak boleh pergi alias harus tetap dirumah. Pergi ke sekolahpun tidak boleh. Dengan adanya adat seperti itu, maka mustahil bagi anak-anak perempuan dapat bersekolah.
Demikian pula yang dialami Kartini. Meskipun dia anak seorang Bupati, tetap tidak dapat bersekolah. Padahal, Kartini sangat ingin bersekolah. Kartini ingin menjadi orang pintar sebab dia sudah menyadari bahwa untuk memperoleh kemajuan, orang harus pintar. Agar menjadi pintar, orang harus bersekolah.

Kartini tidak putus asa. Dia belajar sendiri di rumah bersama saudara-saudaranya. Di menjalin komunikasi dengan orang lain melalui surat. Banyak sekali surat yang dikirimkan dan banyak pula surat balasan yang diterimanya. Dari kegiatan surat-menyurat itu, Kartini menjadimakin pintar. Kemudian, dia mendirikan sekolah khusus untuk anak-anak perempuan.
Usaha Kartini tidak sia-sia. Cita-cita Kartini terwujud. Sekarang anak-anak perempuan dapat dengan leluasa bersekolah, sebab selain mendapatkan kebebasan bersekolah, sekolah-sekolah sekarang makin banyak. Hal itu tentu tak dapat dilepaskan dari jasa Kartini. Oleh karena itu, kita sangat berterima kasih kepada Ibu Kartini.

Apakah hanya ucapan terima kasih? Tentu saja tidak. Kita harus mau melanjutkan cita-cita ibu Kartini. Caranya, kita harus rajin belajar dan giat berlatih agar menjadi pintar. Agar cepat pintar, kita harus rajin membaca apa saja, baik berupa surat kabar, majalah, maupun buku, karena dalam bacaan itu terdapat berbagai informasi dan ilmu. Semua itu ibarat makanan yang menguatkan tubuh kita. Jika kita makan makanan yang bergizi, tubuh kita menjadi makin besar, makin kuat, dan makin sehat. Demikian pula jika banyak membaca, kita akan menjadi makin pintar. Jika sudah pintar, kita dapat memajukan bangsa dan Negara kita.
Demikianlah. Dalam memperingati hari Kartini ini kita harus mampu mengambil hukmahnya. Kita harus berupaya agar dapat mewarisi semangat Kartini dalam menuntut ilmu. Kita harus mau belajar giat agar menjadi manusia cerdik, pandai, pintar, dan bijaksana untuk memajukan bangsa dan negara kita.
Sekian, dan selamat pagi.
Demikianlah yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wabillahi taufik walhidayah ,Wassalamungalaikum Warohmatullohi Wabarohkatuh.

Related Posts

Contoh Pidato Tentang Hari Kartini
4/ 5
Oleh