Jumat, 11 Januari 2019

4 Contoh Pidato Tentang Pendidikan - Inovasi dalam Pendidikan Terbaru

Naskah Pidato ~ Berpidato, bagi sobat sekalian yang masih duduk di bangku sekolahan, pastinya tahu benar istilah itu. Sobat juga pastinya tau benar rasanya ketika guru di sekolah kita membicarakan tentang pidato pasti ujung-ujungnya menugaskan kita untuk membuat pidato sekaligus perform di depan kelas. Haduhhh, mengingatkan kembali waktu saya SMP dulu. Rasa tegang, gugup, dag-dig-dug campur aduk saat mendengar akan tugas berpidato. Tapi sebenarnya apa sih berpidato itu???

Kita semua pasti tahu apa itu Berpidato, tapi apa sih sebenarnya berpidato itu? Pidato adalah kegiatan menyampaikan secara lisan dengan menggunakan penalaran yang tepat serta memanfaatkan aspek-aspek non kebahasaan (ekspresi, gesture, kontak pandang, dll.) yang mendukung mendukung efisiensi dan efektivitas pengungkapan gagasan kepada orang banyak pada suatu acara tertentu. Yup, kurang lebih penjelasan Pidato seperti itu.

Jadi pidato sebenarnya merupakan salah satu media komunikasi sobat, yang digunakan untuk menyampaikan gagasan secara lisan. Tapi yang membedakannya dengan komunikasi lisan biasa, Pidato menggunakan ekspresi, gerakan, kontak pandang, dll yang pokoknya mendukung efektivitas pengungkapan gagasan tersebut, sobat. Satu lagi, Pidato biasanya disampaikan di depan orang banyak dalam suatu acara tertentu, misalkan hari besar nasional, perpisahan sekolah, dan masih banyak lagi deh.

Terus, pidato yang baik itu seperti apa sih? Nah untuk kriteria pidato yang biak itu sendiri, sobat bisa baca kriteria-kriteria tersebut di bawah ini:

  1. Isinya sesuai dengan kegiatan yang berlangsung.
  2. Isinya menggugah dan bermanfaat bagi pendengar.
  3. Isinya tidak menimbulkan SARA.
  4. Isinya jelas.
  5. Isinya benar dan objektif.
  6. Bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh pendengarnya.
  7. Disampaikan secara santun, rendah hati dah bersahabat.

Nah, bagi sobat yang sedang mencari contoh Naskah Pidato, Kumpulanpidato.web.id pada kesempatan kali ini akan menampilkan beberapa Kumpulan Naskah Pidato Singkat. Dan untuk menambah koleksi contoh naskah pidato, berikut kami tambahkan tiga naskah pidato baru.
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato. di blog ini saya akan menyajikan Koleksi Pidato terlengkap berbagai tema dari tema dari contoh pidato tentang lingkungan, perpisahan,contoh pidato persuasif, contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas, contoh pidato tentang disiplin contoh pidato agama, contoh pidato narkoba, contoh pidato pendidikan moral, pidato Amanat Pembina Upacara, contoh pidato perpisahan ,contoh pidato persuasif singkat contoh pidato agama ,contoh pidato singkat tentang narkoba ,contoh pidato bahasa inggris ,contoh pidato kemerdekaan ,contoh pidato bahasa indonesia ,contoh pidato singkat ,contoh pidato agama islam , contoh pidato anak sekolah ,contoh pidato anak sd , contoh pidato asian games , contoh pidato anak sholeh singkat ,contoh pidato acara ulang tahun ,contoh pidato atau ceramah ,contoh pidato bahasa sunda ,contoh pidato bahasa jawa ,contoh pidato bahasa inggris singkat ,contoh pidato calon ketua osis ,contoh pidato cinta tanah air ,contoh pidato di sekolah ,contoh pidato dalam bahasa mandarin ,contoh pidato eksposisi ,contoh pidato ekonomi , contoh pidato etika ,contoh pidato formal ,contoh pidato globalisasi ,contoh pidato guru ,contoh pidato hari kemerdekaan ,contoh pidato hari pahlawan ,contoh pidato hari ibu ,contoh pidato informatif ,contoh pidato impromtu .Teks Pidato
CONTOH PIDATONYA
 
 
Yang Terhormat Bapak, Ibu Wali Murid
Yang saya hormati Bapak, Ibu Pengajar SD Sukamaju
Serta anak-anakku sekalian yang saya banggakan
Assalamualaikum Wr. Wb.

Tiada kata yang pantas diucapkan pada kesempatan ini selain memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmatNya kita bisa bersama-sama di tempat ini dalam rangka rapat tahunan untuk membahas materi dan bahan ajar tahun depan serta mencoba berinovasi dengan pendidikan. Kehadiran Bapak beserta Ibu dan hadirin sekalian disini adalah bukti bahwa kita semua berharap pendidikan dapat lebih baik dijalankan di waktu ke depan.

Inti Pidato :

Hadirin yang berbahagia,
Kiranya, kita semua yang ada disini setuju bahwa pendidikan adalah satu hal yang sangat penting untuk meningkatkan taraf hidup manusia. Pendidikan berperan dalam hal membangun kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Dengan pendidikan, bangsa akan semakin dipandang karena memiliki SDM yang memadai serta mampu bersaing. Oleh karena itu, kita sebagai ujung tombak praktik pendidikan harus senantiasa berjuang bersama untuk meningkatkan mutu pendidikan agar pendidikan yang merata di seluruh daerah dapat terealisasikan tanpa terkecuali.

Kendala yang sering kita hadapi adalah minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Banyak masyarakat yang menilai bahwa pendidikan tidak begitu penting. Paradigma seperti ini harus segera ditinggalkan sehingga anak-anak kita juga turut memahami akan pentingnya pendidikan untuk masa depan bersama.

Sebagai tenaga didik, hal yang pertama kita lakukan selain niat membangun generasi yang baik adalah melakukan inovasi pada bidang pengajaran. Mungkin anak didik kita sudah terlalu bosan dengan cara belajar yang monoton tanpa menghidupkan suasana hati mereka. Hal inilah yang harus diubah melalui cara ajar yang berbeda. Untuk itu Bapak dan Ibu pengajar sekalian saya disini mengajak semua lapisan pendidikan untuk membentuk sistem belajar yang baru, yang menyenangkan dan bersahabat. Jadi anak tidak perlu lagi takut belajar, malas atau enggan membaca. Seyogyanya kita para orang tua baik di sekolah maupun dirumah mulai membenahi sistem belajar anak-anak kita, dampingi mereka, dan belajarlah bersama sehingga selain ilmu baru mereka dapat, mereka juga akan merasa seperti sedang bermain.

Penutup pidato:

Sekiranya itu yang dapat saya sampaikan kepada hadirin sekalian. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf, saya akhiri.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

 
 

Related Posts

4 Contoh Pidato Tentang Pendidikan - Inovasi dalam Pendidikan Terbaru
4/ 5
Oleh