Minggu, 13 Januari 2019

10 Contoh Pidato Tentang Pendidikan Terbaru

Naskah Pidato ~ Berpidato, bagi sobat sekalian yang masih duduk di bangku sekolahan, pastinya tahu benar istilah itu. Sobat juga pastinya tau benar rasanya ketika guru di sekolah kita membicarakan tentang pidato pasti ujung-ujungnya menugaskan kita untuk membuat pidato sekaligus perform di depan kelas. Haduhhh, mengingatkan kembali waktu saya SMP dulu. Rasa tegang, gugup, dag-dig-dug campur aduk saat mendengar akan tugas berpidato. Tapi sebenarnya apa sih berpidato itu???

Kita semua pasti tahu apa itu Berpidato, tapi apa sih sebenarnya berpidato itu? Pidato adalah kegiatan menyampaikan secara lisan dengan menggunakan penalaran yang tepat serta memanfaatkan aspek-aspek non kebahasaan (ekspresi, gesture, kontak pandang, dll.) yang mendukung mendukung efisiensi dan efektivitas pengungkapan gagasan kepada orang banyak pada suatu acara tertentu. Yup, kurang lebih penjelasan Pidato seperti itu.

Jadi pidato sebenarnya merupakan salah satu media komunikasi sobat, yang digunakan untuk menyampaikan gagasan secara lisan. Tapi yang membedakannya dengan komunikasi lisan biasa, Pidato menggunakan ekspresi, gerakan, kontak pandang, dll yang pokoknya mendukung efektivitas pengungkapan gagasan tersebut, sobat. Satu lagi, Pidato biasanya disampaikan di depan orang banyak dalam suatu acara tertentu, misalkan hari besar nasional, perpisahan sekolah, dan masih banyak lagi deh.

Terus, pidato yang baik itu seperti apa sih? Nah untuk kriteria pidato yang biak itu sendiri, sobat bisa baca kriteria-kriteria tersebut di bawah ini:

  1. Isinya sesuai dengan kegiatan yang berlangsung.
  2. Isinya menggugah dan bermanfaat bagi pendengar.
  3. Isinya tidak menimbulkan SARA.
  4. Isinya jelas.
  5. Isinya benar dan objektif.
  6. Bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh pendengarnya.
  7. Disampaikan secara santun, rendah hati dah bersahabat.

Nah, bagi sobat yang sedang mencari contoh Naskah Pidato, Kumpulanpidato.web.id pada kesempatan kali ini akan menampilkan beberapa Kumpulan Naskah Pidato Singkat. Dan untuk menambah koleksi contoh naskah pidato, berikut kami tambahkan tiga naskah pidato baru.
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato. di blog ini saya akan menyajikan Koleksi Pidato terlengkap berbagai tema dari tema dari contoh pidato tentang lingkungan, perpisahan,contoh pidato persuasif, contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas, contoh pidato tentang disiplin contoh pidato agama, contoh pidato narkoba, contoh pidato pendidikan moral, pidato Amanat Pembina Upacara, contoh pidato perpisahan ,contoh pidato persuasif singkat contoh pidato agama ,contoh pidato singkat tentang narkoba ,contoh pidato bahasa inggris ,contoh pidato kemerdekaan ,contoh pidato bahasa indonesia ,contoh pidato singkat ,contoh pidato agama islam , contoh pidato anak sekolah ,contoh pidato anak sd , contoh pidato asian games , contoh pidato anak sholeh singkat ,contoh pidato acara ulang tahun ,contoh pidato atau ceramah ,contoh pidato bahasa sunda ,contoh pidato bahasa jawa ,contoh pidato bahasa inggris singkat ,contoh pidato calon ketua osis ,contoh pidato cinta tanah air ,contoh pidato di sekolah ,contoh pidato dalam bahasa mandarin ,contoh pidato eksposisi ,contoh pidato ekonomi , contoh pidato etika ,contoh pidato formal ,contoh pidato globalisasi ,contoh pidato guru ,contoh pidato hari kemerdekaan ,contoh pidato hari pahlawan ,contoh pidato hari ibu ,contoh pidato informatif ,contoh pidato impromtu .Teks Pidato
CONTOH PIDATONYA
 
 
 

Contoh Pidato Tentang Pendidikan

Saudara-saudara sekalian !Yang saya hormati.Yang saya hormati Bapak/ibu Warga desa/kota/kab... pada hari ini, kita merayakan hari pendidikan Nasional, yang bertempat dilapangan ... pada tanggal 2 Mei 20... Dengan memperingati Pendidikan Nasional semoga kita lebih semangat dan bangkit untuk memajukan dan mencerdaskan pendidikan anak-anak bangsa agar berguna bagi bangsa, Negara dan Agama.Pertambahan anak umur sekolah yang cepat dan pertambahan lulusan tiap jenjang pendidikan yang besar, tapi tidak diikuti penambahan prasarana dan sarana pendidikan yang cepat dan memadai, menimbulkan masalah bagi pemerintah untuk memberikan “pendidikan dan pengajaran” pada semua warga Negara sebagaimana diamanatkan oleh undang- undang Dasar.

Persoalan ini krusial mengingat beragamanya geografis nusantara yang luas dan terpencar dengan tingkat perkembangan sosial-ekonomi-kultural berbeda. Dalam pembaruan pendidikan perhatian difokuskan pada upaya-upaya perbaikan dan peningkatan kualitas serta penataan kesempatan mendapat pendidikan. Mengenai yang terakhir ini sulitlah dicapai bila hanya melalui cara-cara konvesial yaitu memanfaatkan teknologi komunikasi dan teknologi ,informasi radio dan televisi. Pada tahun 20.. pemerintah telah menetapkan APBN untuk pendidikan sebesar 20% bagi SD, SLTP dan SLTA. Program dan kegiatan yang dilakukan tidak semata-mata atas dasar pertambahan jumlah gedung sekolah, guru, buku dan lain-lain. Alternatif yang didentifikasikan adalah :

1. Penambahan daya tampung SLP yang dilakukan baik dengan penambahan sekolah baru
2. Peningkatan daya tampung sekolah- sekolah swasta
3. Pengembangan sekolah terbuka dengan media korespodensi, modul, siaran radio, siaran televisi dan lain-lain
4. Pembukaan kursus- kursus ketrampilan praktis diluar sekolah sebagai jalur penyaluran kemasyarkat..

Ki Hajar Dewantara (1889-1959) seorang tokoh pendidikan Indonesia yang memprokarsai berdirinya lembaga pendidikan Taman siswa. Dia lebih terkenal dengan filsafat” tut wuri handayani, hing madya mangun karsa, hing ngarso sung tulada. Dewantara mengklasifikasikan tujuan pandidikan dengan istilah “ tri-nga”(tiga “nga-nga adalah huruf terakhir dalam abjad jawa ajisak). “Nga” pertama adalah ngerti” (memahami /aspek intelektual). “Nga kedua” adalah “ngrasa” adalah (merasakan aspek afeksi), dan “nga” ketiga adalah “nglakonin” (mengajarkan atau aspek psikomotorik). Merumuskan tujuan pendidikan yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Menurut Dewantara, adalah hak tiap orang untuk mengatur diri sendiri, oleh karena itu pengajaran harus mendidik anak menjadi manusia yang merdeka batin, pikiran, dan tenaga. Pengajaran jangan terlampau mengutamakan kecerdasan pikiran karena hal itu dapat memisahkan orang tepelajar dengan rakyat.Akhir sampai disini, semoga bangsa Indonesia lebih meningkatkan dan mencerdaskan serta menciptakan anak-anak didik yang produktif, kreatif, dan inovatif yang berguna bagi bangsa dan Negara, Menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas dan mandiri yang dapat memenuhi kebutuhan global.

Saudara-saudara sekalian !Yang saya hormati, terimakasih atas semua perhatiannya...
Wss.. Wr. Wb.
 
 

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yth. Bapak kepala Dinas Pendidikan  Kab. Cirebon / yang MewakiliNya, yang kami hormati Bapak Kepala SMP N 1 Plumbon, yang kami hormati Komite Sekolah, Bapak-bapak dan Ibu-ibu guru,  Staff TU, Para tamu Undangan, serta siswa-siswi SMP N 1 Plumbon yang saya Sayangi

Pertama tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa karena pada hari yang cerah ini kita semua dapat berkumpul  dalam keadaan sehat wal afiat “Untuk memeriahkan acara Perpisahan Murid SMP Negeri 1 Plumbon Angkatan 2011-2012″.

Kedua, saya atas nama perwakilan kelas dan ketua osis ( ketua pelaksana ) mengucapkan terima kasih kepada Bapak kepala sekolah, Bapak/Ibu guru yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran tanpa mengenal waktu dalam membimbing dan memberi arahan guna terlaksananya acara ini, dan saya  berterima kasih kepada panitia yang telah mengizinkan saya untuk berdiri di sini menyampaikan salam perpisahan ini di depan para hadirin sekalian.

Ketiga, setelah hari ini kakak-kakak kelas 9 akan mengetahui hasil yang di peroleh dan yang ditunggu-tunggu selama ini, yaitu kelulusan / lulus tidaknya kakak dalam mengikuti Ujian Yang Diadakan kemaren, dan mungkin cekarang kakak-kakak kelas 9 bisa dianggap bukan anak SMP lagi ! ya tidak ? karena mungkin kakak-kakak kelas 9 yang ada disini Lulus Semua ( Amin ) !!! kakak-kakak kelas 9 akan meninggalkan sekolah ini.. dan kita semua akan berpisah. Berbicara tentang Perpisahan .. Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan . Kebanyakan dari kita pasti baru bertemu dan berteman akrab saat bersekolah di sini. Atau mungkin juga ada yang sudah berteman sejak SD atau bahkan sejak masih balita. Alangkah senangnya apabila pertemanan yang telah kita jalin selama tiga tahun ini dapat bertahan selamanya. Seakan tak tergoyahkan oleh apapun tak  tergantikan dan tak lekang termakan oleh waktu.

Namun tak dapat kita ingkari bahwa seiring dengan berjalannya kehidupan kita, seiring dengan datangnya hal-hal baru seperti SMA, kuliah, ngekos, kerja, menikah, dan juga seiring dengan datangnya orang-orang baru, teman baru, cowok baru, cewek baru, perpisahan memang hal yang lumrah terjadi.

Mungkin di antara kita ada yang merasa bergairah mengalami perpisahan karena yang ia tunggu selama ini adalah hal-hal baru yang terlihat lebih menyenangkan dibanding hal-hal di sini yang sangat membosankan. Tapi mungkin di sisi yang berbeda, ada yang merasa sangat sedih karena telah mengalami banyak hal menyenangkan di sini dan betapa banyaknya kenangan yang telah tercipta..

Kenangan.. Teman-teman dan kakak-kakak kelas 9 yang saya cintai, sebelum kita terlambat menyadari bahwa waktu tak dapat diputar kembali dan sebelum kita menyesal karena telah menyia-nyiakan masa SMP kita tanpa mengalami satu pun hal berharga. Maka buatlah kenangan sebanyak banyaknya! Lakukanlah apa yang ingin kita lakukan. Katakanlah apa yang ingin kita katakan. Katakanlah kepada guru yang terlalu kaku dalam mengajar untuk lebih santai. Katakanlah kepada cewe-cewe berisik yang ngerasa sok cantik dan populer kalau otak tuh lebih penting dibanding penampilan! Katakanlah kepada cowo cupu di sekolah untuk lebih percaya diri. Katakanlah kepada orang yang kamu cintai bahwa k memang mencintainya!! It’s NOW or NEVER, friends! Come On! As time goes by, memory remains. Seiring berjalannya waktu, hanya kenanganlah yang tersisa.

Keempat, khusus untuk kakak-kakakku kelas 9 yang tercinta, teriring doa kami semoga kakak-kakak lulus dan dapat melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi dan diberi kesuksesan dalam segala hal ( Amin ). Harapan kami Semoga kakak tidak melupakan jasa para guru yang telah mendidik dan membimbing kita, juga tidak melupakan Almameter SMP N 1 Plumbon tercinta ini. Untuk rekan-rekan kelas 8 dan adik-adik kelas 7, perjuangan kita belum berakhir sampai disini, jadi kita jangan menyerah dan mudah puas atas apa yang telah kita dapatkan. Kita harus terus berjuang mengejar cita-cita dan membanggakan orang-orang disekitar kita.

Terakhir.. saya kutip dari film Cinta Pertama yang dimainkan oleh Bunga Citra Lestari dan Benjamin Joshua bahwa memang pertemuan tidak ada yang abadi. Tapi saya percaya, seperti pertemuan, perpisahan juga tidak ada yang abadi! Jangan lupakan setiap hal berharga yang telah kita alami selama bersekolah tiga tahun di sini. Simpanlah kenangan itu dalam hati kita semuaaa..

Hadirin sekalian, kami atas nama panitia tidak lupa mohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila dalam penyambutan, penyediaan tempat dan lain-lain , terdapat hal-hal yang kurang berkenan dihati para Bapak dan Ibu sekalian semoga, semoga para bapak dan ibu membukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya.

Demikianlah sambutan dari saya. Terima kasih atas segala perhatan dan sekali lagi mahon maaf atas segala kekurangan. Dan Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.

Akhir kata, wabilahi taufik walhidayah….

Wasalamu’alaikum Wr. Wb



Contoh Naskah Pidato Peringatan 17 Agustus :

Salam,
Bapak-bapak dan Ibu-ibu
Pada hari ini kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa kita dapat berkumpul di sini untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- (...).
Di hari yang sangat berbahagia ini, saya ingin berbagi sedikit renungan kepada bapak dan ibu sekalian, mengenai nilai baik yang dapat kita ambil dari masyarakat negara lain yaitu jepang. Bahwa “Nilai itu adalah bagaimana mewujudkan suatu target”. Kita semua tentunya harus bekerja karena dengan begitu kita dapat hidup. Akan tetapi pandangan orang lain terhadap pekerjaannya ada yang berlainan. Ada yang menganggap bahwa pekerjaannya adalah hukuman, sehingga banyak yang berkata “ I Hate Monday”, tetapi ada juga yang menganggap pekerjaannya adalah hobi, sehingga seorang profesor di jepang sangat menganjurkan agar kita mencintai pekerjaan kita sehingga terlihat seperti hobi kita sendiri.
Saya sendiri suka menonton film dan kali ini akan mengajak bapak dan ibu membicarakan satu film, yaitu “Episode Project X”. Dimana dalam satu kesempatan ada satu filosofi seorang peneliti jepang yang berkesan di hati saya. Apa arti pekerjaan atau penelitian bagi anda? Beliau mengibaratkan ide atau kreativitas itu sebagai anak. Saat kita di beri karunia anak, kita sangat bersyukur pastinya. Anak itu kita rawat dengan kasih sayang. Kalau baik kita puji. Kalau nakal kita ingatkan. Tiap hari kita mencucurkan keringat, bekerja agar kita bisa menghidupi anak dan istri kita.
Selang beberapa puluh tahun, barulah kita melihat jerih payah kita tersebut. Tentunya kita akan sangat berbahagia jika anak kita berhasil di sekolah, ber akhlak baik. Sama halnya dengan ide atau kreativitas. Di dalam film tersebut beliau menyampaikan bahwa :
“cintailah ide itu seperti engkau mencintai anakmu sendiri”.
Bangsa kita tidaklah kalah dengan bangsa Jepang maupun bangsa lain. Banyak rekan kita yang berprestasi di forum internasional. Jadi, secara potensi kita tidak kalah. Hanya saja ada satu kekurangan yang saya rasakan. Kita tidak terlalu tekun dalam mencapai suatu sasaran.
Di Indonesia seringkali kegiatan dilakukan secara mendadak dan kurang terencana dengan baik. Sehingga hasil yang dicapai pun tidak optimal dan hanya mengejar formalitas belaka. Barang kali hal ini terjadi karena kita kurang mencintai kegiatan atau pekerjaan itu. Tentunya hal ini dapat kita kurangi kalau kita dapat menumbuhkan kecintaan kita terhadap pekerjaan kita.
Sebagai penutup saya ingin mengutip pesan yang pernah saya dengar dari guru saya. Kata beliau, “Kita memiliki dua buah jam. Yang satu jam harian, yaitu jam yang sering kita pakai sehari-hari di tangan. Dan yang satu lagi adalah jam kehidupan”. Kalau ingin tahu jam kehidupan maka bagilah usia anda dengan tiga. Umumnya usia kita berada pada kisaran 24 sampai 36. Kalau dibagi 3, berarti jam kehidupan kita disini, antara 8 sampai 12. Jam 8 sampai jam 12 adalah masa-masa kita melakukan aktifitas kehidupan fase pertama, pada jam tersebut bapak dan ibu akan sangat aktif dalam bidang pekerjaan.
Sama juga dengan kehidupan kita. Usia 24 sampai 36 adalah usia dimana otak kita masih encer dan dengan mudah menerima ilmu pengetahuan baru. Ini adalah usia saat kita mencari bentuk dan merintis karir kehidupan kita. Semoga di usia yang amat berharga ini, kita dapat berhasil merintis format karir kita di masa yang akan datang.
 
 

Contoh Pidato Bahasa Indonesia

Assalamu'alaikum Wr. Wb 
Pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat alloh SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua dapat berkumpul dan bertatap muka di tempat yang insyaallloh dimulyakan oleh alloh SWT.
Solawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada nabi kita yakni habibana wanbiyyana Muhammad SAW, kepada para keluarganya, kepada para sahabatnya, kepada tabi'in tabi'atnya , dan kepada kita selaku umatnya semoga diyaumil akhir diberikan safaat olehnya , amin. 
Dan kepada Yth. Bapak/Ibu... yang saya hormati dan teman-teman semua yang saya cintai, kita semua tentunya tahu dan menyadari betapa banyak terjadinya kenakalan remaja saat ini, dengan perbuatan negatif dan menyimpang di masyarakat. Seperti sudah mengenal rokok dan narkoba, yang pada awalnya hanya mencoba dan menjadi ketagihan sampai kecanduan. Adapun penyebab masalah dari kenakalan remaja ini yang diakibatkan dari kesalahan orang tua dalam cara mendidik atau orang tua yang terlalu sibuk sehingga tidak sempat memperhatikan anak mereka, atau juga karena pergaulan remaja saat ini yang sudah terjerumus dengan pergaulan yang salah. Boleh saja kita mempunyai banyak teman, namun kita juga harus berhati-hati untuk memilih teman, agar kita tidak terjerumus pada pergaulan yang salah. 
Masih banyak lagi kenakalan remaja yang terpengaruh oleh pergaulan yang salah, seperti mabuk-mabukan, tawuran antar pelajar, geng motor, dan bahkan hal tersebut banyak menimbulkan korban dari banyak remaja yang terlibat dalam pergaulan yang salah. Mari kita jauhi perilaku-perilaku menyimpang tersebut, karena hal tersebut hanya akan merugikan diri sendiri. Gunakanlah masa-masa remaja dengan hal positif dan bermanfaat bagi diri sendiri, orang tua dan juga bangsa. 
Teman-temanku yang saya banggakan, selektiflah dalam mencari teman dan tetap ingatlah bahwa tak ada satupun orang tua yang menginginkan ananya berperilaku buruk. Sampai disini yang dapat saya sampaikan dalam pidato ini,mohon maaf atas segala kesalahannya. 
wassalamu'alaikum Wr.Wb
 

 

Related Posts

10 Contoh Pidato Tentang Pendidikan Terbaru
4/ 5
Oleh