Rabu, 24 Oktober 2018

Contoh Teks Pidato Tentang Hari Pahlawan | Kumpulan Pidato

Kumpulan Contoh Teks Pidato– Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.
Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.
Ada 6 unsur dalam pidato. Yaitu;
  1. Salam pembuka
  2. Sapaan
  3. Puji syukur
  4. Isi pidato
  5. Penutup pidato
  6. Salam penutup

Metode Berpidato

Ada 4 metode berpidato, diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Metode serta merta atau spontanitas, berdasarkan kebutuhan sesaat, tanpa persiapan yang cukup. Metode ini juga berdasarkan kemampuan dan kemahiran pembicara serta apa adanya. Metode ini biasanya dipakai dalam keadaan yang mendadak atau darurat.
  2. Metode menghafal, dilakukan dengan persiapan yang matang. Materi yang akan disampaikan dihafal terlebih dahulu sebelum akhirnya disampaikan kepada banyak orang. Metode ini biasanya dilakukan ketika acara pidato sudah direncanakan dengan baik.
  3. Metode naskah,  dilakukan dengan membaca naskah pidato yang dipersiapkan.
  4. Metode ekstemporan, dilakukan dengan mengandalkan kemampuan berbicara dengan hanya menyiapkan poin-poin pokok yang akan dikembangkan.
 

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato. di blog ini saya akan menyajikan Koleksi Pidato terlengkap berbagai tema dari tema dari contoh pidato tentang lingkungan, perpisahan,contoh pidato persuasif, contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas, contoh pidato tentang disiplin contoh pidato agama, contoh pidato narkoba, contoh pidato pendidikan moral, pidato Amanat Pembina Upacara, contoh pidato perpisahan ,contoh pidato persuasif singkat contoh pidato agama ,contoh pidato singkat tentang narkoba ,contoh pidato bahasa inggris ,contoh pidato kemerdekaan ,contoh pidato bahasa indonesia ,contoh pidato singkat ,contoh pidato agama islam , contoh pidato anak sekolah ,contoh pidato anak sd , contoh pidato asian games , contoh pidato anak sholeh singkat ,contoh pidato acara ulang tahun ,contoh pidato atau ceramah ,contoh pidato bahasa sunda ,contoh pidato bahasa jawa ,contoh pidato bahasa inggris singkat ,contoh pidato calon ketua osis ,contoh pidato cinta tanah air ,contoh pidato di sekolah ,contoh pidato dalam bahasa mandarin ,contoh pidato eksposisi ,contoh pidato ekonomi , contoh pidato etika ,contoh pidato formal ,contoh pidato globalisasi ,contoh pidato guru ,contoh pidato hari kemerdekaan ,contoh pidato hari pahlawan ,contoh pidato hari ibu ,contoh pidato informatif ,contoh pidato impromtu .
 
 
CONTOH PIDATONYA
 
 
 
Assalamualaikum wr. wb
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua
Kepada yang terhormat Kepala SMAN 5 Tanjung Selatan, Bapak Ibnu Abbas, M. Pd
Kepada yang terhormat wakil kepala SMAN 5 Tanjung Selatan, Ibu Rosmalinda, M. Pd
Yang terhormat bapak, ibu dewan guru
Serta teman- tema yang saya banggakan
Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa puja, puji, dan syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT yang tidak henti – hentinya selalu mencurahkan rizki, rahmat, dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di pagi hari ini untuk memperingati hari pahlawan nasional dalam keadaan yang sehat.
Kedua, shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW beserta dengan seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua mendapatakn syfaatnya di Yaumil Akhir kelak, Amin.
Pada pagi hari yang cerah ini, saya berdiri di sini akan menyampaikan sebuah pidato dalam rangka memperingati hari pahlawan nasional yang jatuh pada hari ini. Pidato ini saya sampaikan untuk mengajak para hadirin sekalian untuk mengingat dan meneladani jasa para pahlwan nasional yang telah gugur demi nusa dan bangsa ini. Semoga apa yanga akan saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sebelum saya membacakan isi pidato, marilah kita menundukan kepala sejenak untuk mengenang jasa – jasa para pahlwan yang telah gugur. Mengheningkan cipta, mulai.
Selesai.
Hadirin yang berbahagia,
Definisi pahlawan sangatlah luas, yaitu setiap orang yang rela berkorban demi orang lain. Dengan begitu luasnya definisi tentang pahlawan, membuat para pahlawan dapat kita temukan di sekitar kita dengan kita sadari maupun tanpa kita sadari. Contohnya adalah orang tua, guru, dan lain sebagainya.
Dari beberapa contoh pahlawan di atas, pahlawan yang paling berjasa bagi bangsa dan Negara kita adalah pahlawan nasional. Mereka adalah orang – orang yang rela berjuang mengorbankan seluruh jiwa, raga, dan harta mereka untuk memperjuangkan bangsa Indonesia melawan para penjajah.
Bangsa kita memiliki banyak sekali pahlawan nasional, seperti Cut Nyak Dien, Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, K. H. Dewantara, dan masih banyak lagi. Mereka adalah putra – putri terbaik bangsa Indonesia yang berjuang demi bangsa ini.

Tanpa mereka mungkin bangsa ini masih berada di dalam genggaman para penjajah. Tanpa mereka, kita saat ini masih berada di bawah kekuasaan para penjajah dan tidak bisa menikmati kemerdekaan seperti yang kita rasakan seperti saat ini.
Oleh sebab itu, sebagai orang yang memiliki akal dan pikiran, kita sepatutnya tidak melupakan jasa para mereka yang begitu besar untuk kita. Kita harus senantiasa mengingatnya, Mengenang jasa para pahlwan tidak harus dilakukan dalam pikiran saja, tetapi juga dengan berbagai macam tindakan. Salah satunya contoh yang nyata adalah dengan mengisi kemerdekaan yang telah diberikan oleh mereka.
Melanjutkan perjuangan dengan mengisi kemerdekaan ini berarti kita telah mengenang jasa para pahlawan karena apabila kemerdekaan ini kembali terampas maka sia – sia sudah perjuangan mereka selama ini.
Hadirin yang berbahagia,
Selain mengenang jasa para pahlwan kita, marilah kita jadikan momentum hari pahlawan ini untuk meneladani sikap – sikap yang ada di dalam diri pahlawan. Sebenarnya ada banyak yang dapat kita teladani dari para pahlwan, tetapi ada 3 sikap penting yang bisa kita ambil dan contoh dari mereka, yaitu Rela berkorban, Pantang menyerah, dan Mendahulukan kepentingan umum dari pada pribadi.

Rela berkorban adalah sikap para pahlawan yang paling utama. Rela berkorban ini adalah mau bertindak tanpa memikirkan pamrih. Kita hendaknya menanamkan sikap ini di dalam diri kita. Pantang menyerah juga sangat penting untuk diteladani. Apabila pada saat itu para pahlan cepat menyerah, tentu saat ini kita masih belum merdeka.
Meneladani sikap pantang menyerah ini yaitu dengan cara terus berjuang meskipun gagal, karena gagal adalah awal dari keberhasilan. Sikap yang terakhir adalah mendahulukan kepentingan kelompok daripada kepentingan peribadi. Dengan meneladani sikap ini, maka kita dapat menciptakan kesejahteraan di sekeliling kita.
Hadirin yang berbahagia,
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan kali ini. Pada kesempatan terakhir ini saya menghimbau marilah mengisi kemerdekaan ini dan meneladani sikap – sikap para pahlawan yang telah gugur demi bangsa ini.
Terimakasih atas perhatiannya. saya akhiri:
Wassalamualaikum wr. wb.

Related Posts

Contoh Teks Pidato Tentang Hari Pahlawan | Kumpulan Pidato
4/ 5
Oleh