Rabu, 24 Oktober 2018

Contoh Pidato Tentang Pendidikan Berkarakter Terbaru | Kumpulan Pidato

Kumpulan Contoh Teks Pidato– Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.
Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.
Ada 6 unsur dalam pidato. Yaitu;
  1. Salam pembuka
  2. Sapaan
  3. Puji syukur
  4. Isi pidato
  5. Penutup pidato
  6. Salam penutup

Metode Berpidato

Ada 4 metode berpidato, diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Metode serta merta atau spontanitas, berdasarkan kebutuhan sesaat, tanpa persiapan yang cukup. Metode ini juga berdasarkan kemampuan dan kemahiran pembicara serta apa adanya. Metode ini biasanya dipakai dalam keadaan yang mendadak atau darurat.
  2. Metode menghafal, dilakukan dengan persiapan yang matang. Materi yang akan disampaikan dihafal terlebih dahulu sebelum akhirnya disampaikan kepada banyak orang. Metode ini biasanya dilakukan ketika acara pidato sudah direncanakan dengan baik.
  3. Metode naskah,  dilakukan dengan membaca naskah pidato yang dipersiapkan.
  4. Metode ekstemporan, dilakukan dengan mengandalkan kemampuan berbicara dengan hanya menyiapkan poin-poin pokok yang akan dikembangkan.
 

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato. di blog ini saya akan menyajikan Koleksi Pidato terlengkap berbagai tema dari tema dari contoh pidato tentang lingkungan, perpisahan,contoh pidato persuasif, contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas, contoh pidato tentang disiplin contoh pidato agama, contoh pidato narkoba, contoh pidato pendidikan moral, pidato Amanat Pembina Upacara, contoh pidato perpisahan ,contoh pidato persuasif singkat contoh pidato agama ,contoh pidato singkat tentang narkoba ,contoh pidato bahasa inggris ,contoh pidato kemerdekaan ,contoh pidato bahasa indonesia ,contoh pidato singkat ,contoh pidato agama islam , contoh pidato anak sekolah ,contoh pidato anak sd , contoh pidato asian games , contoh pidato anak sholeh singkat ,contoh pidato acara ulang tahun ,contoh pidato atau ceramah ,contoh pidato bahasa sunda ,contoh pidato bahasa jawa ,contoh pidato bahasa inggris singkat ,contoh pidato calon ketua osis ,contoh pidato cinta tanah air ,contoh pidato di sekolah ,contoh pidato dalam bahasa mandarin ,contoh pidato eksposisi ,contoh pidato ekonomi , contoh pidato etika ,contoh pidato formal ,contoh pidato globalisasi ,contoh pidato guru ,contoh pidato hari kemerdekaan ,contoh pidato hari pahlawan ,contoh pidato hari ibu ,contoh pidato informatif ,contoh pidato impromtu .
 
 
CONTOH PIDATONYA
 
 
 
Pertama – tama marilah kita sampaikan rasa puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang senantiasa memberikan hidayah dan nikmat-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul dalam ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat. Tak lupa marilah kita haturkan shalawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW.
Hadirin yang saya hormati,

Pendidikan karakter yang dimaksud adalah pengajaran mengenai tata krama, etika, sopan santun serta norma sosial lainnya. Tujuan dari pendidikan karakter yakni membentuk anak-anak memiliki moralitas atau budi pekerti yang luhur.
Penanaman sikap tanggung jawab, jujur, berjiwa kepemimpinan, serta memiliki kepedulian akan terlaksana melalui pendidikan karakter.  Penanaman karakter yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku di Indonesia merupakan modal penting dalam menjalani kehidupan.
Pendidikan berkarakter diharapkan mampu mengarahkan setiap anak dalam menyaring informasi yang didapatkan. Pada era globalisasi ini, budaya asing tidak dapat terelakkan lagi. Karakter-karakter dari budaya asing tersebut banyak yang tidak sesuai dengan karakter bangsa Indonesia.
Sehingga anak-anak diharapkan dapat memilah dan memilih karakter mana yang sesuai dan tidak sesuai.  Lingkungan serta keluarga sangat berperan dalam pendidikan karakter. Keluarga wajib memberikan pengajaran karakter seperti mengambil keputusan dan mengarahkan mana yang harus di pilih dan tidak.

Sementara itu, lingkungan sekolah memiliki kewajiban mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang baik untuk memupuk kesadaran siswa memiliki karakter yang baik. Tenaga pendidik disekolah bertanggung jawab memberikan tauladan yang baik kepada peserta didik.
Sehingga pserta didik akan mencontoh dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari mereka.  Pendidikan berkarakter sebaiknya disampaikan sejak dini yaitu saat masih anak-anak atau remaja. Karakter yang tumbuh dari kebiasaan akan melekat terutama jika sudah dilakukan sejak anak-anak. Sehingga diharapkan bahwa anak-anak atau remaja yang mendapatkan pendidikan berkarakter saat dewasa kelak tidak akan mudah terpengaruh.
Mereka mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan norma-norma sosial dan baik. Selain itu mereka akan menjadi pribadi yang bertanggung jawab terkait keputusan yang mereka ambil.  Pendidikan berkarakter akan menjadikan seseorang menjadi pribadi yang bisa membawa diri dimana pun ia berada.

Seseorang dengan jiwa kepemimpinannya mampu menyampaikan aspirasi dengan baik juga mampu mengayomi orang lain dengan baik pula. Sikap jujur yang tertanam juga membuat seseorang dipercaya oleh orang lain dalam melakukan amanat yang di berikan.
Selain itu, norma-norma sosial bangsa Indonesia yang tertanam juga akan menunjukan identitas rakyat Indonesia yang berintegritas. Mampu bersaing dengan negara lain tanpa harus meninggalkan karakteristik bangsa sendiri.  Pendidikan karakter memainkan peran penting dalam mencapai tujuan bangsa Indonesia.

Keseimbangan antara wawasan yang luas serta moralitas yang berkualitas merupakan pencapaian utama dari proses pendidikan. Pendidikan berkarakter mencetak pribadi-pribadi unggul yang memiliki keterampilan serta keluhuran budi pekerti.
Oleh karenanya untuk mensukseskan tujuan mulia ini, peran serta instansi pendidikan dan keluarga akan sangat menentukan. Karakter yang baik akan bermula dari penerapan-penerapan sikap yang baik pula. Penerapan tersebut berawal dari adanya pengajaran serta adanya sosok panutan.
Para  orang tua dan tenaga pendidik atau guru dalam hal ini menjadi fasilitator serta rujukan bagi anak-anak atau peserta didik. Pada akhirnya, tidak hanya anak-anak saja yang memainkan peran utama namun orang dewasa pun demikian. 

Related Posts

Contoh Pidato Tentang Pendidikan Berkarakter Terbaru | Kumpulan Pidato
4/ 5
Oleh